Sabtu, 07 April 2012

GALAU.....GALAU....GALAU...



Galau....hm, kata-kata ini makin marak belakangan ini. apalagi santer sekali di kalangan kawula muda....dikit-dikit bawaannya galau....hehehe, tapi kali ini qta tidak membahas galau soal pacaran, tapi galau dalam pekerjaan. Nah buat loe-loe padhe yang lagi sumpek alias stress pas lagi di kantor, nih ada kiat-kiatnya. check it out ya :)

1. Pejamkan mata sejenak
(ingat jangan kelamaan ya, ntar malah ketiduran hehehe...Zzzzzz) trus abis itu tarik nafas dalam-dalam, bayangin diri loe ada di sebuah tempat yang loe suka....misalnya loe ngebayangin lagi jalan-jalan di pantai kek...atau di bawah pohon yang rindang...atau bayangin loe lagi bersama orang yang loe sayang...atau lagi dikelilingi orang-orang yang sayang ama loe.

2. Hm, Denger musik....
pilih musik yang lembut, yang bisa buat loe ngerasa adem. hehehe, loe bisa dengerin jenis musik instrument, atau...lagu2 pujian ( yg ini point plusnya adalah loe akan ngerasa dikuatkan ). ya intinya denger musik yang loe suka (sementara sie, dalam kasus ini, mohon jauhkan dulu aliran musik metal)

3. Nyanyi.
meski loe bukan indonesian idol, pede aja buat nyanyi. loe bisa nyanyi-nyanyi kecil di meja loe atau kalau loe bener-bener ga pede buat nyanyi, ya...loe bisa bersiul-siul kecil. Oya, loe bisa nyanyi lagu-lagu pujian juga (sekali lagi, selain loe ngerasa dikuatkan, itu bisa berarti juga loe mengucap syukur ama Tuhan). trust me, its work!

4. Nulis-Nulis...
tuangkan apa yang ada dalam pikiran loe....apa aja boleh dah. Mau coret-coret kek...mau bikin puisi kek...mau bikin surat cinta kek....mau cuma gambar-gambar doank kek....semua sah! jangan ragu-ragu mengeluarkan kegalauan loe dalam sebuah kertas...mau di laptop juga gpp.

5. Tinggalkan kursi anda untuk jalan sejenak.
yang perlu loe lakuin adalah keluar dari balik meja, dari segala kesibukan, untuk berjalan-jalan sejenak. kalau di kantor loe ada taman kecil, loe bisa muterin taman itu satu atau dua kali. atau mungkin loe bisa jalan untuk menyapa temen2 loe ( bukan ngobrol lama-lama atau malah ngegosip loh ) kadang kesibukan qta di balik meja, seringkali membuat qta lupa, bahwa diri kita sebagai manusia perlu bersosialisasi dengan sesama. atau loe bisa 
mampir ke dapur / kantin di kantor sekedar untuk membeli secangkir 
teh atau kopi.

6. Tersenyum :)
yang berarti qta harus tetap menjaga hubungan baik qta dengan sesama rekan sekerja. ya, namanya hidup dengan banyak orang, banyak sifat dan karakter, memang begitu kompleks. mungkin qta akan menemukan temen-temen yang aneh-aneh, misalnya : yang suka ngomongin orang lain....atau yang bermuka dua di depan qta dan depan bos...atau bisa juga yang suka nilep2in barang temen...
percaya atau kagak, senyum adalah 'bahasa' yang paling bisa diterima di seluruh dunia. dan ajaibnya lagi, ketika loe memberi sebuah senyuman pada orang lain, ibaratnya kayak loe ngaca gitu deh, loe bakal terima balasannya. (trus kalo kagak terima balik? ya udah biarin aja hehehe...anggap aja loe lagi amal - bagi-bagi zakat senyummu)...
ada sebuah pepatah mengatakan : mencari teman itu ibarat membangun sebuah jembatan. dan menciptakan musuh itu ibarat membangun sebuah tembok tinggi.


7. Rapikan meja anda.
penting?! jawabannya adalah sangat penting! bagaimana loe bisa ngilangin kegalauan loe di tempat kerja, kalau di meja loe, berserakan kertas-kertas atau file file yang kagak kepake. hadeeehh....
yang perlu loe lakuin adalah bersihkan meja loe dari benda-benda yang kagak penting. kertas coretan yang dari jaman dahulu kala. mungkin juga bungkus permen yang udah kagak ada isinya. kalo meja loe bersih dan rapi, pasti suasana hati loe ikut adem.

8.  Jaga hubungan baik dengan Boz.
menjaga hubungan baik dengan pemimpin qta bukan berarti kita mengubah diri qta menjadi seorang penjilat atau bermuka dua. tapi lebih tepatnya, qta tunduk ama otoritas. apa yang menjadi tugas qta, qta kerjain dengan baik. ketika qta melakukan sesuatu yang benar, itu berguna bagi orang lain, dan terutama diri qta sendiri. meski kagak ada boz, qta kerja dengan benar. pernah perhatiin semut? meski dia kagak ada pemimpin, jalannya tetap teratur...rapi...
dan yang pasti, yang harus loe tahu, bos qta terbatas mengawasi qta, tapi dua mata di Sorga tidak terbatas. jadi, lakuin apa yang menjadi tugas dan kewajiban qta dengan baik dan benar, oke?!


9. Doa
doa ini penting, sangat penting! doa adalah satu penghubung qta dengan Sang Pencipta qta. percaya deh, kalau loe doa sebelum bekerja, hati loe akan terasa adem ayem...dan ajaibnya lagi ketika loe meminta petunjuk Tuhan, langkah-langkah loe sepanjang hari akan dituntun olehNya. apa yang loe kerjain, dibuatNya berhasil. ini adalah point terpenting dari semua point di atas. 




Nah, kia-kiatnya udah gw tulis. selamat mencoba. tetap lakuin yang terbaik. do the best :)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar